Konsep Honeypot

Hari ini habis mengikuti seminar keamanan jaringan, lumayan… banyak yang didapat :) . Tetapi ada yang membuat saya menjadi teringat suatu hal yang sering saya dengar tetapi tidak tahu konsep dan kegunaannya. Di saat sesi tanya jawab, ada seorang audience bertanya tentang honeypots“, kedengarannya mungkin bukan sesuatu hal yang baru di dalam masalah keamanan jaringan. Setelah di jawab oleh pembicara, ternyata honeypot merupakan suatu bentuk sistem pertahanan yang opensif.

Apa itu honeypot ?

Honey itu madu, sedangkan pot itu berarti kendi, jadinya kendi madu :) . Tetapi bukan itu yang dimaksud, honeypot merupakan sebuah sumber sistem informasi yang bersifat opensif yang menitik beratkan kepada pengumpulan informasi akan aktifitas ilegal yang dilakukan oleh attacker (penyerang) yang mencoba mengeksploitasi authoritas sistem. Jadi honeypots ini berperan sebagai perangkap untuk mengelabui attacker seolah-olah yang diserang adalah target sebenarnya, akan tetapi yang diserang sebenarnya adalah sebuah emulator. Selain itu honeypot juga dapat melakukan perekaman (log) atas tindakan atau teknik apa yang dilakukan oleh attacker.

Penempatan Honeypot

  • Eksternal Placement, honeypot diposisikan berhadapan langsung dengan internet, jadi tidak ada firewall di depan honeypot.

external-placement

  • Internal Placement, honeypot tidak terkoneksi langsung ke internet tetapi berada di antara firewall dan koneksi internet.

internal-placement

  • DMZ Placement, honeypot diposisikan dalam firewall DMZ (demilitarized zone). Biasanya digunakan pada sebuah perusahaan besar dengan sistem jaringan yang besar.

dmz

Sumber :

  • Seminar Security Jaringan (khususnya pembicaranya, lupa namanya, tapi senyumnya… MANTAB :) )
  • NeoTek Vol. V – No. 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: