Pemrograman VB-API

API atau (Application Programming Interface) merupakan fungsi-fungsi eksternal yang terdapat di dalam file-file pustaka windows (library Windows) yang dapat dimanfaatkan oleh suatu aplikasi.

Setiap tugas (task) yang dilakukan oleh windows biasanya memanfaatkan fungsi API yang berada di dalam file “.dll”. File .dll ini umumnya berada pada folder system (C:Windows|Winnt]’[System|System32]). Pada pemrograman API, kita dapat memanfaatkan fungsi-fungsi yang terdapat pada file .dll tersebut, antara lain :

  • Base Service, menyediakan fitur-fitur untuk mengakses sistem operasi seperti file sistem, devices, processes and threads, mengakses registry, dan menangani error. Fungsi-fungsi ini berada di kernel.exe, krnl286.exe atau krnl386.exe, untuk Windows 16-bit. kernel32.dll dan advapi32.dll di Windows 32-bit.
  • Graphics Device Interface, menyediakan kemampuan untuk tampilan grafik ke monitor, printer, dan device lainnya. Fungsi ini berada di gdi.exe pada Windows 16-bit dan gdi32.dl pada Windows 32-bit.
  • User Interface, menyediakan kemampuan untuk membuat serta mengatur tampilan dan juga mengatur kontrol lainnya, seperti scrollbar, tombol-tombol, menerima masukan dari mouse dan keyboard, dan lainnya yang berhubungan dengan GUI (Graphic User Intrface). Fungsi ini berada di user.exe pada Windows 16-bit, dan user32.dll pada Windows 32-bit. Sejak versi Windows XP, fungsi ini berada di comctl32.dll.
  • Common Dialog Box Library, menyediakan aplikasi kotak dialog untuk membuka dan menyimpan file, memilih bentuk huruf (font), dan lain sebagainya. Fungsi ini berada di commdlg.dll pada Windows 16-bit, dan comdlg32.dll pada Windows 32-bit.
  • Common Control Library, berfungsi menyediakan akses suatu aplikasi ke beberapa kontrol yang disediakan oleh sistem operasi, seperti status bar, progress bars, toolbars, dan tabs. Fungsi ini berada di commctrl.dll pada Windows 16-bit, dan comctrl32.dll pada Windows 32-bit.
  • Windows Shell, merupakan komponen Windows API yang memberi akses suatu aplikasi ke fungsi-fungsi yang disediakan oleh shell dari sistem operasi (operating system shell). Fungsi ini berada di shell.dll pada Windows 16-bit, dan shell32.dll dan shlwapi.dll pada Windows 32-bit.
  • Netword Services, memberikan akses ke berbagai perangkat jaringan, seperti NetBIOS, Winsock, dan lain sebagainya.

Berikut ini saya berikan sebuah contoh program sederhana yang memanfaatkan fungsi API dan dibuat dengan Visual Basic 6.0 yang akan membuat mouse “berjoget-joget”. Sebelum membuat programnya sempat terbesit suatu pertanyaan di kepala saya, “kenapa membuat programnya harus menggunakan Visual Basic ?”, tanya kenapa ?

Langkah-Langkah :

  1. Buat 1 project baru dengan 1 CommandButton, dan 1 buah timer.
  2. Atur interval timer menjadi 100 dan nilai enable dibuat false pada jendela properties.
  3. Ketik kode berikut ke dalam code editor form :


Option Explicit
Private
Declare Function SetCursorPos Lib "user32" (ByVal x As Long, ByVal y As Long) As Long


Dim xx As Integer
Dim
yy As Integer


Private Type POINTAPI
x
As Long
y As Long
End
Type


Private Declare Function GetCursorPos Lib "user32" (lpPoint As POINTAPI) As Long
Dim
sh As Integer
Dim
sw As Integer


Private Sub Command1_Click()
Timer1.Enabled = True
xx =
Rnd * 10 + 1
yy =
Rnd * 10 + 1
End Sub


Private Sub Command1_KeyDown(KeyCode As Integer, Shift As Integer)
If vbKeyEscape Then
Timer1.Enabled = False
End If
End
Sub


Private Sub Timer1_Timer()
Dim pt As POINTAPI


GetCursorPos pt
’sebelum merubah kordinat posisi kursor, program harus mendapatkan terlebih
’dahulu posisi kursor berada.
sh = (Screen.Height / 15) - 1
sw = (Screen.Width / 15) - 1


If pt.x <= 0 Then xx = -xx
If pt.x >= sw Then xx = -xx
If pt.y <= 0 Then yy = -yy
If pt.y >= sh Then yy = -yy


DoEvents
pt.x = pt.x + xx
pt.y = pt.y + yy


SetCursorPos pt.x, pt.y
Label1.Caption = "Koordinat Posisi Kursor (X, Y): " & pt.x & " , " & pt.y
End Sub

Fungsi API yang digunakan dalam program :

  • SetCursorPos, fungsi API SetCursorPos terdapat pada file pustaka user32.dll Fungsi ini berguna untuk merubah kordinat posisi kursor.

Parameter :

x : merupakan suatu point dengan acuan kordinat sumbu x.
y : merupakan suatu point dengan acuan kordinat sumbu y.

  • GetCursorPos, fungsi ini berguna untuk mendapatkan kordinat posisi kursor pada layar dengan mengembalikan nilai kordinat posisi (x,y).

Parameter :

lpPoint : merupakan deklarasi struktur POINTAPI yang berguna sebagai penerima kordinat posisi kursor pada layar. Sebelumnya kita harus mendeklarasikan Type POINT API terlebih dahulu.

5 responses to this post.

  1. Posted by mas iwan on Februari 16, 2008 at 4:45 am

    assalamualaikum wr wb,

    mas saya ini oramg awam yang ingin belajar VB 6.0 dan saya mau minta tolong nih mas gimana ya caranya buat software dari vb untuk interface antara komputer dengan mikrokontroler dari Atmel dengan tipe ATMEGA8535.
    Mohon bantuan nya ya mas
    Terima Kasih

  2. Posted by Benny on April 6, 2008 at 1:50 pm

    thanks atas ilmunya. ditunggu tutorial2 lainnya.

  3. Posted by Septema on April 14, 2008 at 6:53 am

    Mas, selama ini saya pakai 24C04 ( serial eeprom ) untuk coba2an. Sekarang saya ingin meningkatkan security nya dengan memakai AT88SC0204C. sebagaimana diketahui pinout kedua IC tsb sama. Hanya saja AT88SC0204C perlu Clock lebih tinggi yaitu 1,5Mhz . Apakah mungkin IC tsb dibaca maupun ditulis dengan programmer saya yg ada, yg biasa saya pakai utk 24C04 (pakai paralel port / LPT1).
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas perhatian bantuannya.

    salam,
    Septema

  4. Posted by Arif on Mei 11, 2008 at 12:13 pm

    Pinter banget sih loe boz!
    Gw tunggu tutorial yang lain, kalau bisa sih ama pemrograman Web aja boz. kan lebih asik….!!!

  5. Posted by febrinaldi on Maret 20, 2009 at 4:36 pm

    Mau nanya nich mas. bagaimana cara membuat file dll supaya bisa di pakai untuk multiuser pada visual basic6 dan sqlserver 2000. Tolong dibalas ke email saya ya mas (ginallink@gmail.com).Tku mas

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: