Pemrograman Database di Gambas

Gambas merupakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang berorientasi pada RAD (Rapid Application Development) seperti halnya Microsoft Visual Basic. Pada pemrograman gambas ini saya menggunakan mysql sebagai databasenya dengan gambas versi 1.0.17.


Langkah pertama pastikan database mysql sudah berjalan, selanjutnya kita memerlukan komponen sebagai penghubung ke databasenya. Pilih Project > Properties > Components > kemudian pilih komponen “gb.db”. Jika komponen gb.db sudah terpilih maka selanjutnya ketikkan fungsi berikut pada modul dengan nama module1 yang berguna sebagai penghubung :

' Gambas module file PUBLIC db AS NEW Connection
PUBLIC rs AS Result

PUBLIC FUNCTION koneksi() AS Boolean
db.Close
db.Type = "mysql"
db.Host = "localhost"
db.Login = "root"
db.Password = "gunadarma" db.Open
END

Ketikkan listing di bawah ini pada edit class, berfungsi untuk membuat database beserta field-fieldnya pada saat program di jalankan :

PUBLIC SUB Form_Open()
DIM dbname AS String
DIM tbname AS String
DIM htable AS table


dbname="simple_database"
tbname="profil"


WITH module1
.koneksi IF NOT .db.Databases.Exist (dbname) THEN
.db.Databases.Add (dbname)
.db.Close
.db.Name = dbname
.db.Open


IF NOT .db.Tables.Exist (tbname) THEN
htable=.db.Tables.Add (tbname)
htable.fields.add("id", gb.String , 10)
htable.fields.add("nama", gb.String , 30)
htable.Fields.Add("nickname", gb.string, 30)
htable.primarykey=["id"]
htable.update
END IF
ELSE
.db.Close
.db.Name =dbname
.db.Open
END IF
END WITH
END

Untuk lebih lanjut bisa mendownload artikelnya di sini , dan contoh programnya disini.

Referensi : Manual Help Aplikasi Gambas

14 responses to this post.

  1. Posted by ali on Januari 5, 2008 at 7:11 am

    lha kalo pengen mengendalikan Webcam di Gambas gimana…., kalo boleh saya minta kiriman source code nya…., mengenai mulitimedia digambas

    Balas

  2. Posted by ali on Januari 5, 2008 at 7:11 am

    makasih

    Balas

  3. Posted by rangga07 on Januari 8, 2008 at 9:54 am

    @ali
    Sama-sama… ^_^

    Wah maaf mas Ali… saya blom belajar ke sana… saya hanya mempelajari pemrograman database saja. Sebagai referensi coba mas lihat contoh program di gambas versi 2 (di kompie saya, saya pake gambas versi 1.9.46), di sana ada contoh program “mywebcam”. Kalau blom terinstal neh saya ksh source codenya beserta pogramnya, untuk membukanya harus pake gambas versi 2. Insya Allah nanti saya juga akan mempelajarinya. Terima Kasih.

    http://www.geocities.com/indri_secret/MyWebcam.tar.gz

    Balas

  4. mas, kemarin saya coba praktekkan materi database sederhana dengan gambas (tutorial yang saya download dari Ilmu Komputer.com.
    eror syntax timbul ketika saya run
    yang eror adalah yang terkait dengan atur tombol. pertama adalah baris
    SUB aturtombol(tambah AS Boolean dst….)
    setelah baris tersebut saya hapus, lanjut kebawahnya yaitu btntambah.enabled =tambah, maka saya hapus dan berlanjut sampai ke btncari.
    setelah itu semua yang ada kata atur tombol eror syntax dan saya hapus.
    akhirnya bisa di run dan OK
    yang tidak bereaksi tombol ubah dan tombol hapus.
    ada solusinya mass, soalnya materi ini bagus banget, bisa jadi dasar untuk pengembangan latihan yang lain. thanks

    Balas

  5. Posted by ulo on Februari 28, 2008 at 4:03 am

    Dear Mas Rangga,

    Mas, aku gak bisa download Webcam.tar.gz.
    bisa tolong kirimin ke email aku.
    siulo2001@yahoo.com

    Thank’s ya
    ulo

    Balas

  6. assalamu alaikum wr wb
    afwan ana mau minta tolong bisa tdk ana minta tolong untuk dikirimkan artikel tentang sms gateway dengan linux knoppis dan pemograman dengan gambas
    syukran jasakillah

    Balas

    • Posted by rangga07 on Juni 14, 2009 at 4:15 pm

      @ahmad rimawan
      waalaikumsalam wr. wb.
      waduh akh ahmad, ana belum pernah mencoba sms gateway, jadi maaf blm bisa membantu. Mungkin link berikut bisa membantu antum :

      forum.djawir.com

      tutorial-ads.blogspot.com

      Klo ga salah sudah ada buku yang membahas tentang sms gateway di linux deh…

      syukran jidan🙂

      Balas

  7. maaf sebelumnya, saya newbie di gambas, kenapa mysql di gambas saya ga bisa jalan, jadi ada tulisan cannot file driver : mysql

    mohon pencerahannya. thq

    Balas

  8. Posted by Ambo Dalle on Desember 23, 2009 at 2:54 am

    Sama problem nya : cannot find driver for database: mysql
    GImana neh?

    Ambo Dalle

    Balas

  9. Posted by iman dhani on Januari 7, 2010 at 2:30 am

    blog ini kurang lengkap , informasinya terrlalu sedikit

    Balas

  10. Mas kalo problem: cannot find driver fro database: mysql, itu belum di install mysql shared,untuk gambas 19.23 ke atas pakai mysql shared 5 . semoga membantu. Jika ingin share kirim ke emailku ulya_anwar@yahoo.com. Aku udah pake gambas selama 3 tahun ueenaaak kok mass !!!!!!!!!!!

    Balas

  11. mas kalo mau buat laporan per record ni bagaimana, data fakultas minsalnya atau data repas penjualan per hari gitu mas mohon petunjuknya dimana bisa di dapat

    Balas

  12. Posted by anwar on November 5, 2010 at 6:43 am

    Di paging aja mas mudahkan

    Balas

  13. Posted by bironk on Mei 19, 2011 at 7:22 pm

    mas,qo link-nya ga ada yang bisa di donload ya…???
    hix..hix…

    Balas

Tinggalkan Balasan

